Apa akibatnya jika kita menganggap keragaman sebagai perbedaan yang perlu dipermasalahkan?

Keragaman adalah salah satu ciri khas Indonesia. Berbagai suku, agama, budaya, dan bahasa hidup berdampingan di tanah air kita. Apa akibatnya jika kita menganggap keragaman sebagai perbedaan yang perlu dipermasalahkan?

Pertama, kita akan kehilangan rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa. Kita akan mudah terpecah belah oleh isu-isu yang mengadu domba kita. Kita akan lupa bahwa kita semua adalah anak bangsa yang memiliki tujuan dan cita-cita yang sama. Kita akan mengorbankan kepentingan nasional demi kepentingan kelompok atau golongan.

Kedua, kita akan menimbulkan konflik dan kekerasan yang merugikan semua pihak. Kita akan saling bermusuhan, mencaci, dan menyerang orang-orang yang berbeda dari kita. Kita akan mengabaikan hak-hak dan kewajiban-kewajiban sebagai warga negara. Kita akan merusak tatanan sosial dan hukum yang telah dibangun dengan susah payah.

Ketiga, kita akan menghambat kemajuan dan pembangunan bangsa. Kita akan kehilangan potensi dan peluang yang bisa kita manfaatkan dari keragaman. Kita akan sulit berkolaborasi, berinovasi, dan bersaing di era globalisasi. Kita akan tertinggal dari negara-negara lain yang mampu menghargai dan mengelola keragamannya dengan baik.

Oleh karena itu, kita harus mengubah cara pandang kita terhadap keragaman. Kita harus melihat keragaman sebagai kekuatan dan keindahan yang perlu kita jaga dan kembangkan. Kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan UUD 1945 yang menjadi dasar negara kita. Kita harus saling menghormati, menghargai, dan toleran terhadap perbedaan-perbedaan yang ada. Kita harus bersatu dan bekerja sama untuk mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.