Apa makna Budi Utomo sebagai organisasi perintis kebangkitan nasional?

Apa makna Budi Utomo sebagai organisasi perintis kebangkitan nasional? – Budi Utomo adalah organisasi modern pertama yang lahir di Indonesia pada tanggal 20 Mei 1908. Organisasi ini didirikan oleh sembilan mahasiswa STOVIA (Sekolah Dokter Hindia) yang dipimpin oleh Dr. Soetomo. Mereka terinspirasi oleh ide dr. Wahidin Soedirohusodo, seorang alumni STOVIA yang mengajak para pelajar pribumi untuk menggalang dana pendidikan bagi mereka yang tidak mampu.

Budi Utomo memiliki tujuan utama untuk menjamin kehidupan bangsa yang terhormat dengan fokus pada bidang sosial, pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan. Organisasi ini berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan, keterampilan, dan pengetahuan rakyat Indonesia agar tidak mudah dijajah oleh Belanda. Budi Utomo juga berperan dalam melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya dan bahasa Indonesia.

Budi Utomo dianggap sebagai organisasi perintis kebangkitan nasional karena ia menjadi inspirasi bagi organisasi-organisasi lain yang muncul setelahnya, seperti Sarekat Islam, Indische Partij, Jong Java, dan lain-lain. Budi Utomo juga membangkitkan kesadaran rakyat Indonesia tentang semangat nasionalisme, rasa kesatuan, dan persatuan sebagai bangsa yang satu, yaitu bangsa Indonesia.

Budi Utomo berakhir pada tahun 1935 saat ia melebur ke Partai Indonesia Raya (Parindra) yang dipimpin oleh Soetomo. Namun, sumbangsih Budi Utomo dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia tidak dapat dilupakan. Oleh karena itu, tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional setiap tahunnya.

5 Kedudukan dan Fungsi Pancasila Bagi Negara Indonesia

34 Contoh Pengamalan Pancasila Sila Ke-1 dalam Kehidupan Sehari-hari