Apa pengaruh keragaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia​?

Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, budaya, dan adat istiadat. Keragaman masyarakat Indonesia merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan. Namun, keragaman masyarakat Indonesia juga berpengaruh terhadap pola perilaku bangsa Indonesia, baik secara positif maupun negatif.

Secara positif, keragaman masyarakat Indonesia dapat meningkatkan rasa toleransi, solidaritas, dan kerjasama antara sesama warga negara. Masyarakat Indonesia dapat saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, serta bersatu dalam semangat Bhinneka Tunggal Ika. Keragaman masyarakat Indonesia juga dapat memperkaya pengetahuan, kreativitas, dan inovasi bangsa Indonesia dalam berbagai bidang, seperti seni, budaya, pendidikan, ekonomi, dan teknologi.

Secara negatif, keragaman masyarakat Indonesia dapat menimbulkan konflik, diskriminasi, dan perpecahan antara kelompok-kelompok masyarakat yang berbeda. Masyarakat Indonesia dapat saling bermusuhan dan berseteru karena perbedaan pandangan, kepentingan, atau ideologi. Keragaman masyarakat Indonesia juga dapat menghambat integrasi nasional dan pembangunan bangsa Indonesia jika tidak dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga kerukunan dan kesatuan dalam keberagaman. Masyarakat Indonesia harus memiliki sikap yang terbuka, inklusif, dan demokratis dalam menghadapi perbedaan yang ada. Masyarakat Indonesia juga harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang cinta tanah air dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, keragaman masyarakat Indonesia dapat menjadi kekuatan dan keunggulan bangsa Indonesia di mata dunia.

Apa yang dimaksud dengan era kompetitif?

Sebutkan contoh sikap jelek terhadap teman yang memiliki permainan kesukaan yang berbeda!