Apa saja hal yang menguatkan kesadaran dan indetitas suku bangsa​?

Kesadaran dan identitas suku bangsa adalah hal yang penting untuk dilestarikan dan dikembangkan di era globalisasi ini. Suku bangsa adalah kelompok manusia yang memiliki kesamaan asal-usul, bahasa, budaya, dan sejarah. Identitas suku bangsa adalah ciri khas yang membedakan suku bangsa tersebut dari suku bangsa lain. Kesadaran suku bangsa adalah sikap menghargai dan bangga terhadap identitas suku bangsa sendiri, tanpa merendahkan atau mendiskriminasi suku bangsa lain.

Ada beberapa hal yang dapat menguatkan kesadaran dan identitas suku bangsa, antara lain:

  • Mempelajari dan melestarikan bahasa, sastra, seni, adat istiadat, dan kearifan lokal suku bangsa. Bahasa adalah alat komunikasi yang mencerminkan pemikiran dan perasaan suku bangsa. Sastra, seni, adat istiadat, dan kearifan lokal adalah hasil karya dan warisan budaya yang menunjukkan kekayaan dan keunikan suku bangsa.
  • Menghormati dan menghargai keragaman suku bangsa di Indonesia. Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa yang hidup berdampingan secara damai dan harmonis. Keragaman suku bangsa adalah kekayaan dan kekuatan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan suku bangsa, tanpa merasa superior atau inferior.
  • Menjalin kerjasama dan solidaritas antar suku bangsa. Kerjasama dan solidaritas antar suku bangsa adalah kunci untuk membangun persatuan dan kesatuan nasional. Kita harus bersama-sama menjaga keutuhan dan kedaulatan negara, serta menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bangsa dengan musyawarah dan mufakat. Kita juga harus saling membantu dan mendukung antar suku bangsa dalam mengembangkan potensi daerah masing-masing.
  • Meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme. Rasa nasionalisme adalah rasa cinta tanah air dan rasa memiliki terhadap negara Indonesia. Rasa patriotisme adalah rasa rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa. Rasa nasionalisme dan patriotisme dapat menguatkan kesadaran dan identitas suku bangsa, karena kita menyadari bahwa kita semua adalah bagian dari bangsa Indonesia yang besar dan berdaulat.

Mengapa semakin banyak suku bangsa di suatu negara semakin banyak pula budaya yang dimilikinya?