Apa sikap kita bila teman kita memilih milih teman?

Apa sikap kita bila teman kita memilih milih teman? Ini adalah pertanyaan yang mungkin sering kita hadapi dalam kehidupan sosial kita. Teman yang memilih milih teman adalah teman yang hanya mau berteman dengan orang-orang tertentu saja, dan mengabaikan atau menolak orang-orang lain yang tidak sesuai dengan kriteria atau selera mereka. Teman seperti ini bisa membuat kita merasa tidak nyaman, tersinggung, atau bahkan tersakiti.

Bagaimana cara menghadapi teman yang memilih milih teman? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita coba:

  • Pertama, jangan terlalu memaksakan diri untuk berteman dengan mereka. Kita harus menghargai pilihan dan kebebasan mereka, sekaligus menjaga harga diri dan kepercayaan diri kita sendiri. Jika mereka tidak mau berteman dengan kita, berarti mereka bukan teman yang baik untuk kita. Kita bisa mencari teman-teman lain yang lebih terbuka, ramah, dan menghargai kita apa adanya.
  • Kedua, jangan mudah tersinggung atau marah dengan sikap mereka. Mungkin ada alasan-alasan tertentu di balik pilihan mereka, seperti latar belakang, pengalaman, atau kepribadian mereka. Kita tidak perlu mengambil sikap mereka secara pribadi, atau menganggap bahwa mereka membenci atau merendahkan kita. Kita bisa bersikap santai, sabar, dan positif dengan mereka, tanpa menunjukkan rasa sakit hati atau dendam.
  • Ketiga, cobalah untuk mengerti dan menghormati sudut pandang mereka. Mungkin mereka memiliki standar atau kriteria tertentu dalam memilih teman, yang berbeda dengan kita. Mungkin mereka merasa lebih nyaman atau cocok dengan orang-orang yang memiliki kesamaan atau kesesuaian dengan mereka. Kita bisa mencoba untuk memahami dan menghargai alasan-alasan mereka, tanpa harus menilai atau mengkritik mereka. Kita bisa bersikap sopan, hormat, dan profesional dengan mereka, tanpa harus bersikap akrab atau intim.
  • Keempat, jangan menutup diri dari komunikasi dan interaksi dengan mereka. Meskipun mereka memilih milih teman, bukan berarti kita harus menghindari atau mengucilkan mereka. Kita masih bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka secara normal, seperti dengan orang lain pada umumnya. Kita bisa menyapa, mengobrol, bekerja sama, atau berbagi informasi dengan mereka, sesuai dengan situasi dan konteksnya. Kita bisa menunjukkan sikap ramah, sopan, dan kooperatif dengan mereka, tanpa harus bersikap dekat atau bergantung.
  • Kelima, jangan lupa untuk tetap menjaga hubungan baik dengan teman-teman lainnya. Meskipun ada teman yang memilih milih teman, bukan berarti kita harus kehilangan teman-teman lainnya. Kita masih bisa menjalin dan memelihara hubungan baik dengan teman-teman lainnya yang lebih menerima dan menghargai kita. Kita bisa menghabiskan waktu bersama, berbagi cerita, saling mendukung, atau melakukan aktivitas bersama dengan teman-teman lainnya. Kita bisa menunjukkan sikap hangat, peduli, dan setia dengan teman-teman lainnya.

Itulah beberapa tips yang bisa kita coba untuk menghadapi teman yang memilih milih teman. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu kita untuk memiliki sikap yang bijak dan positif dalam kehidupan sosial kita.