Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap Pancasila sebagai identitas Indonesia​?

Pancasila adalah dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia yang terdiri dari lima sila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Pancasila merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan para pendiri bangsa yang menginginkan Indonesia menjadi negara yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur.

Pancasila sebagai identitas Indonesia memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa. Pancasila mencerminkan nilai-nilai luhur yang menjadi landasan moral dan etika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila juga menjadi pedoman dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan agama yang sesuai dengan kepribadian bangsa. Pancasila juga menjadi sumber kekuatan dalam menghadapi tantangan dan ancaman dari dalam maupun luar negeri yang dapat mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, sikap kita terhadap Pancasila sebagai identitas Indonesia seharusnya adalah sikap yang menghormati, menjunjung tinggi, mengamalkan, dan menjaga Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Sikap ini dapat diwujudkan dengan cara-cara berikut:

  • Menghormati Pancasila dengan mengakui dan menghargai perbedaan pendapat, keyakinan, suku, budaya, dan agama yang ada di Indonesia sebagai bagian dari kekayaan dan kebhinekaan bangsa.
  • Menjunjung tinggi Pancasila dengan menegakkan hukum dan konstitusi yang berdasarkan pada Pancasila serta menghindari segala bentuk penyalahgunaan wewenang, korupsi, kolusi, nepotisme, dan tindakan yang merugikan kepentingan umum.
  • Mengamalkan Pancasila dengan menjalankan ibadah sesuai dengan agama atau kepercayaan masing-masing tanpa mengganggu orang lain, berbuat baik kepada sesama manusia tanpa membedakan suku, ras, atau golongan, berpartisipasi dalam pembangunan nasional dengan semangat gotong royong dan kerjasama, serta menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangga menjadi warga negara Indonesia.
  • Menjaga Pancasila dengan menjauhi segala bentuk radikalisme, terorisme, separatisme, diskriminasi, intoleransi, dan kekerasan yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila serta bersikap kritis dan waspada terhadap upaya-upaya penggoyahan atau pengkhianatan terhadap Pancasila.

Dengan sikap seperti ini, kita dapat mempertahankan dan melestarikan Pancasila sebagai identitas Indonesia yang unik dan berharga. Pancasila adalah warisan berharga dari para pendiri bangsa yang harus kita jaga dan lestarikan untuk generasi-generasi mendatang. Mari kita bersama-sama menjadikan Pancasila sebagai jiwa dan semangat kita dalam membangun Indonesia yang lebih baik.