Jelaskan mengapa arsip menjadi sumber sejarah primer!

Arsip adalah kumpulan dokumen yang dibuat oleh lembaga, organisasi, atau individu dalam menjalankan kegiatan atau fungsi mereka. Dokumen arsip bisa berupa surat, laporan, foto, rekaman, film, dan sebagainya. Arsip menjadi sumber sejarah primer karena arsip mencerminkan keadaan, peristiwa, atau proses yang terjadi pada masa lampau secara langsung dan otentik. Arsip tidak mengalami penyuntingan, penafsiran, atau manipulasi oleh pihak lain. Arsip juga memiliki nilai bukti yang tinggi karena arsip dibuat berdasarkan kewenangan dan tanggung jawab dari pembuatnya. Arsip memberikan informasi yang akurat, lengkap, dan objektif tentang masa lalu.

Dengan menggunakan arsip sebagai sumber sejarah primer, sejarawan bisa melakukan penelitian sejarah yang lebih mendalam dan kritis. Sejarawan bisa memeriksa asal-usul, konteks, isi, dan dampak dari dokumen arsip. Sejarawan juga bisa membandingkan arsip dengan sumber sejarah lainnya, seperti buku, koran, saksi mata, dan sebagainya. Sejarawan bisa menemukan fakta-fakta baru, menguji hipotesis, atau mengoreksi kesalahan-kesalahan yang ada dalam penulisan sejarah sebelumnya. Sejarawan bisa menyajikan hasil penelitian sejarah yang lebih valid, reliabel, dan ilmiah.

Arsip sebagai sumber sejarah primer juga memiliki manfaat bagi masyarakat luas. Arsip bisa meningkatkan kesadaran sejarah dan identitas nasional. Arsip bisa menginspirasi generasi muda untuk belajar dari pengalaman masa lalu. Arsip bisa menjadi saksi mata yang membuktikan hak-hak dan kewajiban-kewajiban masyarakat. Arsip bisa menjadi alat untuk menegakkan keadilan, hak asasi manusia, dan demokrasi. Arsip bisa menjadi warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan.