Jelaskan tanggung jawab pemuda dalam pembangunan nasional​!

Jelaskan Tanggung Jawab Pemuda dalam Pembangunan Nasional – Pemuda adalah generasi penerus bangsa yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam pembangunan nasional. Pembangunan nasional adalah upaya untuk meningkatkan kesejahteraan, kemajuan, dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Pembangunan nasional tidak hanya meliputi aspek ekonomi, tetapi juga politik, sosial, budaya, pertahanan, dan keamanan.

Pemuda sebagai agen perubahan dan penggerak pembangunan nasional harus memiliki komitmen dan kesadaran untuk menjaga nilai-nilai luhur bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pemuda juga harus memiliki wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap tanah air, serta menghormati keragaman dan persatuan bangsa.

Tanggung jawab pemuda dalam pembangunan nasional telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pemuda. Dalam pasal 19 UU tersebut dinyatakan bahwa pemuda bertanggung jawab dalam pembangunan nasional untuk:

  • Menjaga Pancasila sebagai ideologi negara;
  • Menjaga tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa;
  • Melaksanakan konstitusi, demokrasi, dan tegaknya hukum;
  • Meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan masyarakat;
  • Meningkatkan ketahanan budaya nasional;
  • Meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi bangsa.

Untuk menjalankan tanggung jawab tersebut, pemuda harus memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap, dan karakter yang baik. Pemuda harus belajar dan berinovasi untuk mengembangkan potensi diri dan lingkungan. Pemuda harus aktif dan kreatif dalam berbagai kegiatan sosial, ekonomi, politik, budaya, olahraga, seni, dan lain-lain. Pemuda harus berpartisipasi dalam proses demokrasi dan pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kepentingan bangsa. Pemuda harus bersikap kritis, aspiratif, solutif, dan kolaboratif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi bangsa.

Pemuda Indonesia memiliki sejarah panjang dalam berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa. Para pahlawan pemuda seperti Soekarno, Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo, dan lain-lain telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana pemuda dapat berkontribusi dalam pembangunan nasional. Pemuda masa kini harus meneruskan semangat juang para pahlawan pemuda tersebut dengan menghadapi tantangan zaman yang berbeda.

Salah satu tantangan yang dihadapi pemuda saat ini adalah pandemi Covid-19 yang telah berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan. Pandemi ini menuntut pemuda untuk lebih adaptif, responsif, dan produktif dalam menghadapi situasi yang penuh ketidakpastian. Pemuda harus mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk tetap belajar, bekerja, berkreasi, dan berinteraksi secara efektif. Pemuda juga harus peduli dan bertanggung jawab terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus. Pemuda harus menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi dampak pandemi ini.

Pemuda Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi motor pembangunan nasional. Namun potensi tersebut harus diiringi dengan tanggung jawab yang besar pula. Pemuda harus menyadari bahwa masa depan bangsa ada di tangan mereka. Oleh karena itu, pemuda harus terus belajar, berkarya, berjuang, dan berbakti untuk Indonesia.