Jelaskan yang dimaksud dengan kebangkitan nasional!

Jelaskan yang dimaksud dengan kebangkitan nasional – Kebangkitan nasional adalah periode pada paruh pertama abad ke-20 di Indonesia, ketika rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai “orang Indonesia”. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

Budi Utomo adalah organisasi pertama yang didirikan oleh Dr Soetomo dan para mahasiswa STOVIA (Sekolah Tinggi Kedokteran Hindia Belanda) di Jakarta. Organisasi ini bergerak di bidang sosial, ekonomi, dan budaya, dengan tujuan meningkatkan martabat rakyat dan bangsa Indonesia yang terjajah oleh Belanda. Budi Utomo juga membuka cabang-cabang di berbagai daerah, seperti Jawa, Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan.

Sumpah Pemuda adalah ikrar yang diucapkan oleh para pemuda dari berbagai suku, agama, dan golongan di Indonesia pada kongres pemuda kedua di Jakarta. Ikrar ini menyatakan bahwa mereka adalah satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa, yaitu bangsa Indonesia, tanah air Indonesia, dan bahasa Indonesia. Sumpah Pemuda menjadi momentum penting dalam mempersatukan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Kebangkitan nasional merupakan awal dari pergerakan nasional, yaitu masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran yang tinggi untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Kebangkitan nasional juga melahirkan tokoh-tokoh nasionalis yang berperan besar dalam sejarah Indonesia, seperti Soekarno, Mohammad Hatta, Tan Malaka, Agus Salim, Kartini, dan lain-lain.

Kebangkitan nasional adalah bukti bahwa rakyat Indonesia tidak mau diam dan tunduk di bawah penjajahan Belanda. Kebangkitan nasional adalah cikal bakal dari kemerdekaan Indonesia yang dicapai pada 17 Agustus 1945. Kebangkitan nasional adalah warisan berharga yang harus kita jaga dan lanjutkan sebagai generasi penerus bangsa.

Baca juga: Jelaskan tantangan harmoni kewajiban hak negara dan warga negara!