Keadaan Sosial Budaya Negara Inggris

Inggris adalah salah satu negara yang memiliki sejarah dan budaya yang kaya dan berpengaruh di dunia. Negara ini juga dikenal sebagai pusat ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga. Bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang keadaan sosial budaya negara Inggris, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Budaya Inggris

Budaya Inggris diartikan sebagai adat dan kebiasaan warganegara dan bangsa Inggris. Karena posisi Inggris sangat berpengaruh, maka sulit membedakan budaya Inggris dengan budaya Britania dengan artian yang luas. Semenjak datangnya bangsa Anglo-Saxon, Inggris punya budaya yang unik, berbeda dari tetangganya, seperti Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara [1].

Banyak teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan dari Inggris, mereka pun memicu munculnya Revolusi Industri. Inggris berperan besar dalam dunia perfilman, sastra, musik, seni rupa, teknologi, permesinan, demokrasi, filsafat, ilmu pengetahuan, matematika, dan olahraga. Kriteria orang Inggris adalah orang yang memiliki selera humor, tradisi, dan sopan santun. Pemerintah Inggris mengawasi dan mengatur masyarakatnya di dunia modern, khususnya digital, budaya, media dan olahraga [1].

Beberapa contoh budaya Inggris yang terkenal di dunia antara lain:

  • Teater: Inggris merupakan tempat kelahiran William Shakespeare, dramawan terbesar sepanjang masa. Shakespeare menulis sekitar 37 drama yang masih dipentaskan hingga kini di berbagai panggung teater di seluruh dunia. Di London, terdapat sejumlah teater bertaraf internasional dengan reputasi yang baik [2].
  • Musik: Inggris juga melahirkan banyak musisi dan band legendaris yang mempengaruhi dunia musik global. Beberapa di antaranya adalah The Beatles, The Rolling Stones, Queen, Led Zeppelin, Pink Floyd, The Who, Elton John, David Bowie, Adele, Ed Sheeran, dll.
  • Olahraga: Inggris merupakan negara asal dari beberapa cabang olahraga populer seperti sepak bola, rugby, kriket, tenis, golf, dll. Tim nasional sepak bola Inggris adalah salah satu tim terkuat di dunia dan pernah menjuarai Piala Dunia 1966. Liga Premier Inggris adalah liga sepak bola terpopuler di dunia dengan klub-klub besar seperti Manchester United, Liverpool, Arsenal, Chelsea, dll.

Kondisi Sosial Inggris

Kondisi sosial Inggris dipengaruhi oleh kondisi ekonominya. Inggris merupakan negara dengan perekonomian industri yang maju dan termasuk sepuluh besar negara penghasil produk dalam negeri terbesar di dunia. Hampir 80% perekonomian rakyat Inggris berasal dari jasa dan sisanya berasal dari industri, pertanian, peternakan, perikanan,
maupun pertambangan [2].

Peradaban Inggris dalam bidang pendidikan, teknologi, dan seni tergolong sangat maju. Di Inggris,
London merupakan pusat kota sekaligus pusat kebudayaan terpenting [2]. Di negara ini,
kesetaraan gender telah diterapkan dengan sangat baik. Mengingat Inggris masih menganut
pemerintahan monarki,
pengetahuan mengenai sejarah dan table manner sangatlah penting [2].

Serupa dengan Jerman, orang-orang Inggris juga sangat menghargai waktu.
Mereka tidak menyukai segala bentuk keterlambatan [2]. Sebelum bertolak ke Inggris, alangkah bijak apabila kamu sudah mengerti perbedaan paspor biasa dan elektronik serta cara membuat visa online. Cara ini akan meminimalisasi kamu dari masalah imigrasi [2].

Tradisi dan Kebiasaan Orang Inggris

Menariknya, di era modern ini orang-orang Inggris masih menjaga tradisi dan budayanya agar tetap lestari. Beberapa tradisi, kebiasaan, dan budaya Inggris yang perlu kamu ketahui, di antaranya sebagai berikut [2]:

  • Cara Berpakaian: Berpakaian di Inggris cukup santai. Kamu hanya perlu menyesuaikan pakaian yang dikenakan sesuai musimnya. Namun, ketika kamu hendak menghadiri acara jamuan, rapat, wawancara, atau acara resmi lainnya gunakan pakaian yang rapi dan sopan. Apabila terdapat informasi mengenai dress code, pastikan untuk menggunakan pakaian yang sesuai.
  • Memberi Salam: Ketika hendak menyapa seseorang pertama kalinya, cukup jabat tangan orang tersebut. Kamu boleh melakukan kontak mata sekadarnya, hindari kontak mata berlebihan karena akan dianggap menganggu.
  • Memulai Percakapan: Perlu kamu ketahui bahwa orang Inggris terkesan pendiam pada awalnya, tetapi mereka adalah pribadi yang hangat jika sudah mengenal lebih dekat. Namun, perlu diingat bahwa seakrab apa pun menanyakan usia akan dianggap sebagai tindakan kurang sopan. Kamu juga dilarang meminta pendapat seseorang yang belum dikenal jika tidak ingin dicap tidak sopan. Ketika hendak memulai percakapan, pilih topik yang aman. Contohnya: cuaca atau seputar kegiatan yang akan kamu kerjakan.
  • Berjalan Cepat: Orang Inggris memiliki kebiasaan berjalan cepat untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, utamanya di musim dingin.

Demikianlah beberapa informasi mengenai keadaan sosial budaya negara Inggris yang bisa kamu simak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang negara ini.

Referensi:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Inggris
[2] https://flip.id/blog/mengenal-budaya-inggris