Mengapa informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma? Jelaskan masing masing dengan contoh

Informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma karena dapat mempengaruhi perilaku dan pandangan masyarakat. Norma adalah aturan atau kaidah yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat. Norma dapat dibedakan menjadi norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Berikut adalah penjelasan dan contoh bagaimana informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma.

Norma agama adalah aturan yang bersumber dari ajaran agama yang dianut oleh seseorang atau kelompok. Informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma agama jika mengandung unsur-unsur yang bertentangan dengan ajaran agama, seperti kekerasan, pornografi, perjudian, narkoba, dan sebagainya. Contoh film yang dapat merusak norma agama adalah film The Da Vinci Code yang mengandung kontroversi tentang Yesus Kristus dan Gereja Katolik. Contoh game yang dapat merusak norma agama adalah game Grand Theft Auto yang memungkinkan pemain untuk melakukan tindakan kriminal, seperti membunuh, mencuri, dan berzina.

Norma kesusilaan adalah aturan yang bersumber dari nilai-nilai moral yang berlaku dalam masyarakat. Informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma kesusilaan jika mengandung unsur-unsur yang melanggar moral, seperti seks bebas, homoseksualitas, prostitusi, dan sebagainya. Contoh film yang dapat merusak norma kesusilaan adalah film Fifty Shades of Grey yang menggambarkan hubungan seksual antara seorang pria kaya dan seorang wanita muda dengan unsur BDSM. Contoh game yang dapat merusak norma kesusilaan adalah game The Sims yang memungkinkan pemain untuk menjalin hubungan asmara dengan siapa saja tanpa batasan gender atau status.

Norma kesopanan adalah aturan yang bersumber dari tata krama atau etika dalam berinteraksi dengan orang lain. Informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma kesopanan jika mengandung unsur-unsur yang menyinggung atau melecehkan orang lain, seperti rasisme, diskriminasi, bullying, dan sebagainya. Contoh film yang dapat merusak norma kesopanan adalah film Borat yang mengolok-olok budaya dan orang-orang dari Kazakhstan. Contoh game yang dapat merusak norma kesopanan adalah game Call of Duty yang memicu permusuhan antara pemain dari berbagai negara.

Norma hukum adalah aturan yang bersumber dari undang-undang atau peraturan pemerintah yang mengikat warga negara. Informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma hukum jika mengandung unsur-unsur yang melanggar hukum, seperti pembajakan, penipuan, pencurian data, dan sebagainya. Contoh film yang dapat merusak norma hukum adalah film The Pirate Bay: Away from Keyboard yang mendukung gerakan pembajakan konten digital. Contoh game yang dapat merusak norma hukum adalah game Counter-Strike: Global Offensive yang melibatkan transaksi ilegal senjata api.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi film dan game yang terdapat di internet dapat merusak norma karena dapat mempengaruhi perilaku dan pandangan masyarakat. Oleh karena itu, kita perlu bijak dalam mengonsumsi informasi film dan game yang terdapat di internet. Kita perlu memilih informasi film dan game yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat kita. Kita juga perlu mengkritisi informasi film dan game yang terdapat di internet dengan menggunakan akal sehat dan pengetahuan kita.