Mengapa kearifan local disebut sebagai jati diri suatu bangsa?

Mengapa kearifan local disebut sebagai jati diri suatu bangsa? – Kearifan local adalah pengetahuan, nilai, dan keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat lokal dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidupnya. Kearifan local merupakan hasil dari interaksi antara manusia dan alam sejak zaman dahulu, yang diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Kearifan local mencerminkan cara pandang, sikap, dan perilaku masyarakat lokal terhadap alam dan sesamanya.

Kearifan local disebut sebagai jati diri suatu bangsa karena kearifan local menunjukkan ciri khas, keunikan, dan kekayaan budaya suatu bangsa. Kearifan local juga menunjukkan identitas, karakter, dan kepribadian suatu bangsa yang berbeda dengan bangsa lain. Kearifan local menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan inovasi bagi suatu bangsa dalam menghadapi tantangan zaman. Kearifan local juga menjadi modal sosial bagi suatu bangsa dalam menjaga keharmonisan, kerukunan, dan kesejahteraan bersama.

Oleh karena itu, kearifan local perlu dilestarikan, dikembangkan, dan diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan. Kearifan local dapat menjadi acuan dalam membuat kebijakan, program, dan aksi yang sesuai dengan kondisi lokal. Kearifan local dapat menjadi sarana dalam mempromosikan nilai-nilai budaya, pendidikan, dan pariwisata suatu bangsa. Kearifan local dapat menjadi strategi dalam mengatasi masalah-masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dihadapi suatu bangsa.

Kearifan local adalah warisan berharga yang harus kita jaga dan kembangkan sebagai jati diri suatu bangsa.

Sebutkan 3 manfaat melakukan kegiatan musyawarah memilih ketua kelas disekolah