Mengapa sebuah budaya disebut budaya nasional?

Mengapa sebuah budaya disebut budaya nasional?

Budaya adalah keseluruhan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya mencakup nilai-nilai, norma, institusi, simbol, bahasa, dan artefak yang memberikan identitas dan makna bagi anggota masyarakat. Budaya nasional adalah budaya yang menjadi ciri khas suatu bangsa atau negara, yang membedakannya dari bangsa atau negara lain. Budaya nasional biasanya mencerminkan sejarah, geografi, agama, politik, dan ekonomi suatu negara.

Budaya nasional memiliki beberapa fungsi penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pertama, budaya nasional berperan sebagai perekat sosial yang menyatukan berbagai kelompok etnis, agama, dan daerah yang ada di dalam suatu negara. Budaya nasional memberikan rasa persaudaraan, solidaritas, dan toleransi di antara warga negara yang berbeda-beda. Kedua, budaya nasional berperan sebagai penanda identitas yang membedakan suatu negara dari negara lain. Budaya nasional menunjukkan keunikan, kekhasan, dan kebanggaan suatu bangsa di mata dunia. Ketiga, budaya nasional berperan sebagai sumber inspirasi dan inovasi yang mendorong kemajuan suatu negara. Budaya nasional mengandung nilai-nilai, ide-ide, dan kreativitas yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya.

Oleh karena itu, sebuah budaya disebut budaya nasional karena ia memiliki peranan yang sangat penting bagi eksistensi dan perkembangan suatu bangsa atau negara. Budaya nasional adalah warisan berharga yang harus dilestarikan dan dikembangkan oleh setiap warga negara.