Negara Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Mengapa semboyan tersebut mencerminkan bangsa dan negara Indonesia? Jelaskan.

Negara Indonesia memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Mengapa semboyan tersebut mencerminkan bangsa dan negara Indonesia? Jelaskan.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuno yang artinya “berbeda-beda tetap satu jua”. Semboyan ini diambil dari kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit di sekitar abad ke-14. Kitab ini mengajarkan toleransi antara umat Hindu dan Buddha, yang merupakan dua agama besar di Indonesia saat itu.

Semboyan ini mencerminkan bangsa dan negara Indonesia karena Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, bahasa, dan budaya yang hidup saling menghormati dan menghargai dalam semangat persatuan dan kesatuan. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17 ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan demikian, Indonesia memiliki keragaman geografis yang luar biasa.

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika menjadi landasan nasionalisme masyarakat Indonesia, yang menanamkan loyalitas dan dedikasi pada bangsa dan negara. Semboyan ini juga menjadi cita-cita kebangsaan yang menghendaki adanya harmoni antara kebhinnekaan dan ketunggalikaan, antara pluralisme dan monisme, antara kepelbagaian dan kesatuan. Semboyan ini mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengembangkan dan menghargai keragaman sebagai kekayaan bangsa, serta untuk memajukan kedaulatan dan kemerdekaan nasional Indonesia.