Sebutkan 3 contoh perilaku yang menunjukan sikap menjaga keutuhan negara dalam kehidupan di masyarakat

Menjaga keutuhan negara adalah salah satu kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara Indonesia. Keutuhan negara berarti kesatuan wilayah, bangsa, dan ideologi yang harus dijaga dari ancaman baik dari dalam maupun dari luar. Dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menunjukan sikap menjaga keutuhan negara dengan berbagai cara. Berikut adalah tiga contoh perilaku yang menunjukan sikap tersebut:

  1. Menghormati simbol-simbol negara. Simbol-simbol negara seperti bendera, lambang, lagu kebangsaan, dan sumpah pemuda adalah representasi dari identitas dan nilai-nilai bangsa. Dengan menghormati simbol-simbol negara, kita menunjukan rasa cinta dan bangga terhadap tanah air kita. Contohnya, kita dapat mengibarkan bendera merah putih di rumah atau tempat kerja pada hari-hari tertentu, menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat pada upacara bendera, dan mengucapkan sumpah pemuda dengan penuh semangat pada peringatan hari sumpah pemuda.
  2. Menjalin kerukunan antar sesama warga negara. Indonesia adalah negara yang majemuk, yang terdiri dari berbagai suku, agama, ras, dan budaya. Keragaman ini seharusnya menjadi kekayaan dan kekuatan bangsa, bukan sebaliknya. Oleh karena itu, kita harus menjalin kerukunan antar sesama warga negara dengan saling menghargai, toleran, dan bersikap adil. Contohnya, kita dapat mengucapkan selamat kepada teman atau tetangga yang merayakan hari raya agama mereka, menghadiri undangan pernikahan atau khitanan dari suku atau budaya lain, dan membantu korban bencana alam tanpa membedakan latar belakang mereka.
  3. Menjauhi segala bentuk radikalisme dan separatisme. Radikalisme adalah paham atau gerakan yang ingin mengubah sistem atau tatanan sosial secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan atau melanggar hukum. Separatisme adalah paham atau gerakan yang ingin memisahkan diri dari suatu negara atau wilayah dengan tujuan membentuk negara atau wilayah baru. Kedua paham atau gerakan ini sangat berbahaya bagi keutuhan negara karena dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa serta mengancam kedaulatan dan integritas wilayah. Contohnya, kita harus menjauhi organisasi-organisasi yang berafiliasi dengan kelompok radikal atau separatis, tidak menyebarkan atau mendukung propaganda-propaganda yang menghasut atau memprovokasi masyarakat untuk melakukan tindakan anarkis atau separatis, dan melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui adanya indikasi atau aktivitas yang mencurigakan terkait dengan radikalisme atau separatisme.

Demikianlah tiga contoh perilaku yang menunjukan sikap menjaga keutuhan negara dalam kehidupan di masyarakat. Semoga kita semua dapat menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab serta turut berkontribusi dalam mempertahankan dan memajukan bangsa dan negara kita tercinta.