Sebutkan 4 contoh bentuk bela negara dari seorang peserta didik!

Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan, kesetiaan, dan kepedulian terhadap negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara Indonesia, termasuk peserta didik. Peserta didik adalah orang yang mengikuti pendidikan formal di berbagai jenjang, mulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Peserta didik dapat melakukan bentuk-bentuk bela negara sesuai dengan kapasitas dan perannya sebagai pelajar. Berikut ini adalah empat contoh bentuk bela negara dari seorang peserta didik:

  1. Menghormati simbol-simbol negara, seperti bendera merah putih, lambang Garuda Pancasila, dan lagu Indonesia Raya. Peserta didik dapat menunjukkan penghormatan ini dengan mengikuti upacara bendera secara khidmat, menjaga kebersihan dan kerapian bendera, serta menyanyikan lagu kebangsaan dengan penuh semangat.
  2. Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan menghargai perbedaan suku, agama, ras, dan budaya yang ada di Indonesia. Peserta didik dapat menunjukkan sikap toleran dan inklusif terhadap teman-teman sebaya yang berbeda latar belakangnya, serta menghindari tindakan diskriminasi dan permusuhan.
  3. Meningkatkan kualitas diri sebagai sumber daya manusia yang unggul, dengan belajar dengan giat, rajin, dan disiplin. Peserta didik dapat menunjukkan prestasi akademik yang baik, serta mengembangkan bakat dan minatnya di bidang-bidang lain, seperti olahraga, seni, atau kepemimpinan.
  4. Menjaga keutuhan wilayah negara, dengan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang mendukung pertahanan dan keamanan nasional. Peserta didik dapat berpartisipasi dalam organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang pertahanan dan keamanan, seperti Pramuka, Paskibra, atau Karang Taruna. Peserta didik juga dapat mengikuti pelatihan-pelatihan dasar bela diri, seperti pencak silat, karate, atau taekwondo.