Sebutkan contoh Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia!

Indonesia adalah salah satu negara yang aktif dalam berkontribusi untuk melaksanakan ketertiban dunia. Sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1950, Indonesia telah terlibat dalam berbagai misi perdamaian dan kemanusiaan di berbagai wilayah konflik.

Berikut adalah beberapa contoh peran Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia.

  • Indonesia menjadi salah satu negara penempatan pasukan perdamaian PBB (peacekeeping) di Lebanon, Sudan, Republik Afrika Tengah, Republik Demokratik Kongo, dan Mali. Indonesia juga menyediakan personel sipil dan polisi untuk mendukung misi perdamaian PBB di Afghanistan, Kosovo, Timor Leste, dan lain-lain. Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan jumlah dan kualitas pasukan perdamaian yang dikirimkan ke berbagai misi PBB.
  • Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada tahun 1955, yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok (GNB). GNB adalah sebuah organisasi yang beranggotakan negara-negara berkembang yang tidak berafiliasi dengan blok Barat atau Timur selama Perang Dingin. GNB bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan, kedaulatan, dan kerjasama antara negara-negara anggotanya. Indonesia juga menjadi tuan rumah KTT GNB ke-10 pada tahun 1992 dan KTT KAA ke-50 pada tahun 2005.
  • Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) pada tahun 1967, yang merupakan sebuah organisasi kerjasama regional yang mencakup bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan. ASEAN bertujuan untuk mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara. Indonesia juga menjadi inisiator pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015, yang merupakan sebuah integrasi ekonomi, politik-keamanan, dan sosial-budaya antara negara-negara anggota ASEAN.
  • Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Organisasi Kerjasama Islam (OKI) pada tahun 1969, yang merupakan sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara mayoritas Muslim. OKI bertujuan untuk meningkatkan solidaritas, kerjasama, dan dialog antara negara-negara anggota dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama. Indonesia juga menjadi tuan rumah KTT OKI ke-3 pada tahun 1976 dan KTT OKI ke-11 pada tahun 2016.
  • Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) pada tahun 1989, yang merupakan sebuah forum kerjasama ekonomi antara negara-negara di kawasan Asia Pasifik. APEC bertujuan untuk memfasilitasi perdagangan bebas dan investasi, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di kawasan tersebut. Indonesia juga menjadi tuan rumah KTT APEC ke-2 pada tahun 1994 dan KTT APEC ke-21 pada tahun 2013.

Dari beberapa contoh di atas, dapat dilihat bahwa Indonesia memiliki peran yang signifikan dalam melaksanakan ketertiban dunia. Indonesia tidak hanya menjadi bagian dari komunitas internasional, tetapi juga menjadi pemimpin dan pelopor dalam berbagai inisiatif kerjasama regional dan global. Indonesia juga menunjukkan komitmen yang tinggi untuk menjaga perdamaian dan kemanusiaan di dunia.