Sebutkan contoh negatif dari prinsip kebebasan yang bertanggung jawa​b!

Prinsip kebebasan yang bertanggung jawab adalah salah satu nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia. Prinsip ini berarti bahwa setiap orang memiliki hak untuk berpendapat, berekspresi, berorganisasi, dan berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, namun juga harus mempertanggungjawabkan akibat dari tindakan-tindakan tersebut. Prinsip ini sejalan dengan Pancasila, UUD 1945, dan HAM.

Namun, dalam praktiknya, masih banyak contoh negatif dari prinsip kebebasan yang bertanggung jawab yang terjadi di Indonesia. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Penyebaran hoaks dan ujaran kebencian di media sosial. Banyak orang yang dengan mudah menyebarkan informasi palsu, fitnah, provokasi, atau diskriminasi terhadap kelompok tertentu tanpa memeriksa kebenaran dan dampaknya. Hal ini dapat menimbulkan kegaduhan, kebencian, dan konflik sosial yang merugikan persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Pelanggaran protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Banyak orang yang tidak mematuhi aturan pemerintah untuk mencegah penularan virus corona, seperti tidak memakai masker, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan, atau menghadiri kerumunan. Hal ini menunjukkan kurangnya kesadaran dan tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan orang lain.
  • Pemanfaatan kebebasan pers untuk kepentingan politik atau ekonomi. Banyak media massa yang tidak menjalankan fungsi kontrol sosial, pendidikan, dan hiburan secara profesional dan independen, melainkan cenderung berpihak pada kelompok tertentu atau mencari keuntungan semata. Hal ini dapat menurunkan kualitas informasi dan merusak kredibilitas pers.