Sebutkan Kewajiban Anak di Rumah, Minimal 15

Anak-anak adalah anggota keluarga yang memiliki hak dan kewajiban. Salah satu kewajiban anak adalah membantu orang tua di rumah. Dengan melakukan kewajiban ini, anak dapat belajar tanggung jawab, kemandirian, dan kerjasama. Berikut adalah beberapa contoh kewajiban anak di rumah yang dapat dilakukan sesuai dengan usia dan kemampuan mereka.

  1. Menjaga kebersihan diri dan pakaian. Anak dapat mandi, sikat gigi, ganti pakaian, dan mencuci pakaian kotor sendiri.
  2. Menjaga kebersihan kamar tidur. Anak dapat merapikan tempat tidur, menyapu lantai, mengganti seprai, dan membersihkan debu di lemari dan meja belajar.
  3. Menjaga kebersihan ruang tamu dan ruang keluarga. Anak dapat menyapu dan mengepel lantai, membersihkan sofa, meja, dan rak buku, serta mengatur bantal dan selimut.
  4. Menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi. Anak dapat mencuci piring, gelas, dan alat masak yang kotor, membersihkan wastafel, kompor, dan lemari es, serta menyiram toilet dan bak mandi.
  5. Menjaga kebersihan halaman dan taman. Anak dapat menyiram tanaman, membersihkan daun-daun kering, memotong rumput, dan membersihkan sampah.
  6. Membantu orang tua dalam memasak dan menyajikan makanan. Anak dapat memotong bahan-bahan masakan, mengaduk-aduk masakan di panci atau wajan, menata piring dan gelas di meja makan, serta mengambilkan air minum untuk orang tua.
  7. Membantu orang tua dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga. Anak dapat membuat daftar belanjaan, menghitung uang, membawa tas belanjaan, dan memilih barang-barang yang berkualitas.
  8. Membantu orang tua dalam membayar tagihan-listrik, air, telepon, internet, dll. Anak dapat mengingatkan orang tua tentang tanggal jatuh tempo tagihan, mengecek jumlah tagihan di internet atau sms, serta menemani orang tua ke loket pembayaran atau ATM.
  9. Membantu orang tua dalam mengurus hewan peliharaan. Anak dapat memberi makan, minum, dan mandi hewan peliharaan, membersihkan kandang atau tempat tidur hewan peliharaan, serta bermain dan mengajak jalan-jalan hewan peliharaan.
  10. Membantu orang tua dalam mengurus adik atau saudara yang lebih muda. Anak dapat memberi makan, minum, dan mandi adik atau saudara yang lebih muda, mengganti popok atau celana dalam adik atau saudara yang lebih muda, serta membacakan cerita atau bermain bersama adik atau saudara yang lebih muda.
  11. Membantu orang tua dalam menjamu tamu yang datang ke rumah. Anak dapat menyapa tamu dengan sopan, menawarkan minuman atau makanan ringan kepada tamu, serta mengobrol atau bermain dengan anak-anak tamu.
  12. Membantu orang tua dalam merawat tanaman atau bunga yang ada di rumah. Anak dapat memilih tanaman atau bunga yang cocok untuk ditanam di rumah, menanam benih atau bibit tanaman atau bunga di pot atau tanah, serta memupuk dan memangkas tanaman atau bunga yang tumbuh.
  13. Membantu orang tua dalam mendekorasi rumah sesuai dengan tema atau musim tertentu. Anak dapat membuat atau membeli hiasan-hiasan seperti balon, bendera, poster, dll., menggantung atau menempel hiasan-hiasan di dinding atau pintu rumah, serta merapikan hiasan-hiasan setelah acara selesai.
  14. Membantu orang tua dalam merencanakan liburan keluarga. Anak dapat mencari informasi tentang tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi keluarga, membuat jadwal perjalanan dan anggaran biaya, serta menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama liburan.
  15. Membantu orang tua dalam menjaga kesehatan dan kebugaran keluarga. Anak dapat mengajak orang tua untuk berolahraga bersama, seperti bersepeda, berjalan kaki, atau berenang, mengingatkan orang tua untuk minum obat atau vitamin jika sakit, serta menyiapkan makanan sehat dan bergizi untuk keluarga.

Itulah beberapa contoh kewajiban anak di rumah yang dapat dilakukan oleh anak-anak. Dengan melakukan kewajiban ini, anak tidak hanya membantu orang tua, tetapi juga mengembangkan diri mereka sendiri. Anak akan menjadi lebih bertanggung jawab, mandiri, dan berjiwa sosial. Anak juga akan merasakan kebahagiaan dan kebanggaan karena telah berkontribusi untuk keluarga. Semoga bermanfaat!