Sebutkan tata tertib saat mengerjakan ulangan

Ulangan adalah salah satu bentuk penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran. Ulangan dapat dilakukan secara tertulis, lisan, atau praktikum. Agar ulangan berjalan lancar dan hasilnya valid, ada beberapa tata tertib yang harus ditaati oleh siswa saat mengerjakan ulangan. Berikut adalah beberapa tata tertib tersebut:

  1. Datang tepat waktu ke ruang ulangan. Jika terlambat, siswa harus meminta izin kepada pengawas dan tidak boleh mengganggu siswa lain yang sudah mulai mengerjakan ulangan.
  2. Membawa alat tulis yang diperlukan, seperti pensil, penghapus, kertas kosong, dan kalkulator (jika diperbolehkan). Siswa tidak boleh meminjam atau meminjamkan alat tulis kepada siswa lain saat ulangan berlangsung.
  3. Menempati tempat duduk yang telah ditentukan oleh pengawas. Siswa tidak boleh pindah tempat tanpa seijin pengawas.
  4. Membaca dengan teliti petunjuk dan soal ulangan sebelum mengerjakannya. Siswa harus mengikuti instruksi yang diberikan oleh pengawas dan tidak boleh bertanya kepada pengawas atau siswa lain tentang isi soal ulangan.
  5. Mengerjakan ulangan dengan jujur dan mandiri. Siswa tidak boleh mencontek, memberi contekan, atau berkomunikasi dengan siswa lain dengan cara apapun saat ulangan berlangsung. Jika ketahuan melakukan kecurangan, siswa akan mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan sekolah.
  6. Menjaga ketertiban dan kebersihan ruang ulangan. Siswa tidak boleh membuat keributan, mengotori meja atau dinding, atau merusak fasilitas yang ada di ruang ulangan.
  7. Menyelesaikan ulangan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Siswa harus mengumpulkan lembar jawaban kepada pengawas sebelum waktu ulangan habis. Siswa tidak boleh meninggalkan ruang ulangan tanpa seijin pengawas.

Demikianlah beberapa tata tertib yang harus ditaati oleh siswa saat mengerjakan ulangan. Dengan mengikuti tata tertib ini, siswa dapat menunjukkan sikap yang bertanggung jawab dan menghormati proses penilaian yang dilakukan oleh guru. Selain itu, siswa juga dapat meningkatkan kualitas belajar mereka dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan kemampuan mereka.