Tuliskan 10 tanaman khas Indonesia beserta daerah asalnya!

Tuliskan 10 tanaman khas Indonesia beserta daerah asalnya – Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Banyak tanaman yang hanya bisa ditemukan di Indonesia dan tidak ada di tempat lain. Berikut adalah 10 tanaman khas Indonesia beserta daerah asalnya:

  1. Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata): Tanaman ini merupakan salah satu jenis anggrek yang langka dan dilindungi. Anggrek hitam memiliki warna bunga yang gelap, baik hitam atau hijau tua. Ada dua jenis anggrek hitam di Indonesia, yaitu anggrek hitam Kalimantan dan anggrek hitam Papua. Anggrek hitam Kalimantan berasal dari Kalimantan Timur, sedangkan anggrek hitam Papua berasal dari Papua Barat.
  2. Bunga Padma Raksasa (Rafflesia arnoldii): Tanaman ini merupakan bunga terbesar di dunia, dengan diameter mencapai 1 meter dan berat mencapai 10 kilogram. Bunga padma raksasa juga dikenal sebagai bunga bangkai karena memiliki aroma yang tidak sedap. Tanaman ini merupakan parasit yang hidup pada inangnya, yaitu tumbuhan anggota suku mawar-mawaran (Vitaceae). Bunga padma raksasa berasal dari Sumatera dan Kalimantan.
  3. Bunga Bangkai Raksasa (Amorphophallus titanum): Tanaman ini merupakan tanaman dengan bunga terbesar kedua di dunia, setelah bunga padma raksasa. Bunga bangkai raksasa memiliki tinggi mencapai 3 meter dan diameter mencapai 1 meter. Bunga ini juga memiliki aroma yang tidak sedap, yang bertujuan untuk menarik serangga penyerbuk. Tanaman ini berasal dari Sumatera, terutama Bengkulu.
  4. Kayu Hitam Sulawesi (Diospyros celebica): Tanaman ini merupakan salah satu jenis kayu yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena warna dan teksturnya yang indah. Kayu hitam Sulawesi memiliki warna coklat gelap atau hitam belang-belang kemerahan. Kayu ini digunakan untuk membuat furnitur, alat musik, ukiran, dan kerajinan tangan. Tanaman ini berasal dari Sulawesi.
  5. Bunga Edelweiss Jawa (Anaphalis javanica): Tanaman ini merupakan salah satu jenis edelweiss yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Bunga edelweiss Jawa memiliki warna putih keperakan dan bentuk yang mirip dengan bintang. Bunga ini tumbuh di dataran tinggi dengan suhu dingin, seperti Gunung Gede Pangrango, Gunung Merbabu, Gunung Semeru, dan Gunung Bromo. Tanaman ini berasal dari Jawa.
  6. Daun Payung (Johannesteijsmannia): Tanaman ini merupakan tanaman hias yang memiliki daun berbentuk payung besar dengan panjang mencapai 3 meter dan lebar mencapai 2 meter. Daun payung memiliki warna hijau mengkilap dan tekstur yang halus. Tanaman ini tumbuh di hutan hujan tropis dengan kelembaban tinggi, seperti Kalimantan dan Sumatera.
  7. Mangga Kasturi (Mangifera casturi): Tanaman ini merupakan salah satu jenis mangga yang memiliki aroma khas seperti kasturi atau wangi-wangian. Mangga kasturi memiliki ukuran buah yang kecil, dengan panjang sekitar 5-8 cm dan berat sekitar 50-100 gram. Buah mangga kasturi memiliki warna kuning kehijauan dengan daging buah yang berwarna oranye dan rasanya manis asam. Tanaman ini berasal dari Kalimantan Selatan.
  8. Bambu Manggong (Gigantochloa manggong): Tanaman ini merupakan salah satu jenis bambu yang memiliki ukuran batang yang besar, dengan diameter mencapai 20 cm dan tinggi mencapai 30 meter. Bambu manggong memiliki warna batang yang hijau kekuningan dengan ruas-ruas yang panjang. Bambu ini digunakan untuk membuat bahan bangunan, alat musik, kerajinan tangan, dan pakan ternak. Tanaman ini berasal dari Jawa Timur.
  9. Matoa (Pometia pinnata): Tanaman ini merupakan tanaman buah-buahan yang memiliki bentuk buah yang mirip dengan rambutan, namun berukuran lebih besar. Buah matoa memiliki panjang sekitar 10-15 cm dan berat sekitar 200-300 gram. Buah matoa memiliki warna kulit buah yang merah keunguan dengan daging buah yang berwarna putih dan rasanya manis. Tanaman ini berasal dari Papua.
  10. Pohon Sagu atau Rumbia (Metroxylon sagu): Tanaman ini merupakan tanaman penghasil sagu, yaitu tepung yang berasal dari batang pohon sagu. Pohon sagu memiliki tinggi mencapai 20 meter dan diameter mencapai 30 cm. Pohon sagu memiliki warna batang yang coklat keabu-abuan dengan daun-daun yang berwarna hijau. Sagu digunakan sebagai bahan makanan pokok, terutama di Papua dan Maluku.