Tuliskan manfaat yang diperoleh jika Kewajiban menjaga kebersihan dan dilaksanakan dengan baik​

Kewajiban menjaga kebersihan adalah salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Kebersihan tidak hanya berkaitan dengan lingkungan fisik, tetapi juga dengan kesehatan tubuh dan jiwa. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat memperoleh banyak manfaat, antara lain:

  • Mencegah penyakit. Kebersihan dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri, virus, atau parasit. Misalnya, diare, tifus, malaria, demam berdarah, dan sebagainya. Dengan menjaga kebersihan diri, pakaian, makanan, minuman, rumah, sekolah, tempat kerja, dan lingkungan sekitar, kita dapat menghindari kontaminasi dan infeksi yang dapat merugikan kesehatan.
  • Meningkatkan kualitas hidup. Kebersihan juga dapat mempengaruhi kualitas hidup kita secara positif. Dengan menjaga kebersihan, kita dapat merasa lebih nyaman, segar, rapi, dan percaya diri. Kebersihan juga dapat menciptakan suasana yang nyaman dan harmonis di rumah, sekolah, tempat kerja, dan masyarakat. Kebersihan juga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas kita dalam belajar, bekerja, dan beraktivitas.
  • Menjaga keseimbangan alam. Kebersihan juga berkaitan dengan pelestarian lingkungan. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat mengurangi pencemaran udara, tanah, air, dan suara yang dapat merusak ekosistem dan biodiversitas. Kebersihan juga dapat membantu menghemat sumber daya alam yang terbatas dan berharga. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, kita dapat ikut berkontribusi dalam menjaga keseimbangan alam dan mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kewajiban menjaga kebersihan adalah hal yang sangat bermanfaat bagi diri kita sendiri, orang lain, dan lingkungan. Oleh karena itu, mari kita sadar dan bertanggung jawab untuk selalu menjaga kebersihan di mana pun dan kapan pun.