Tuliskan tiga pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari​

Sebagai warga negara Indonesia, kita memiliki hak dan kewajiban yang harus kita penuhi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu kewajiban kita adalah menjalankan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik dan taat hukum. Berikut ini adalah tiga pelaksanaan tanggung jawab sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari:

1. Menghormati simbol-simbol negara

Simbol-simbol negara seperti bendera, lambang, dan lagu kebangsaan adalah identitas bangsa yang harus kita hormati dan jaga. Kita bisa menghormati simbol-simbol negara dengan cara mengibarkan bendera di rumah atau sekolah pada hari-hari tertentu, menyanyikan lagu kebangsaan dengan khidmat, dan tidak merusak atau mencemarkan lambang negara.

2. Membayar pajak tepat waktu

Pajak adalah sumber pendapatan negara yang digunakan untuk membiayai pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Kita sebagai warga negara yang memiliki penghasilan wajib membayar pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan membayar pajak tepat waktu, kita berkontribusi dalam pembangunan negara dan membantu pemerintah dalam menjalankan program-programnya.

3. Menjaga kebersihan lingkungan

Lingkungan adalah tempat kita hidup dan beraktivitas sehari-hari. Lingkungan yang bersih dan sehat akan membuat kita nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit. Kita bisa menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah organik dan anorganik, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, dan ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.

Upaya Penyelesaian Pemerintah vs Sekelompok Separatis dengan Cara Prevetif, Represif dan Kuratif

Jelaskan salah satu cara memanfaatkan teknologi untuk melestarikan budaya